Selamat Datang

Melalui blog Tumbuhan Bali ini saya menayangkan berbagai jenis tumbuhan yang mempunyai arti penting dalam kehidupan orang Bali, terutama jenis-jenis tumbuhan yang digunakan dalam upacara agama dan pemanfaatan lain dalam kaitan dengan tradisi masyarakat Bali. Tayangan akan saya fokuskan pada pengenalan ciri-ciri morfologis yang dilengkapi dengan foto untuk memudahkan melakukan pengenalan, terutama bagi Anda yang hanya pernah mendengar nama tetapi belum pernah melihat sendiri bagaimana 'rupa' sesungguhnya dari tumbuhan tersebut. Karena latar belakang saya adalah pertanian maka saya mengalami keterbatasan uraian mengenai pemanfaatan dalam berbagai aspek kehidupan orang Bali, terutama dalam pemanfaatan untuk upacara keagamaan. Untuk melengkapinya, saya akan dengan terbuka menerima masukan dari Anda, terutama dari Anda yang merasa terpanggil untuk berbuat sesuatu untuk Bali.

Moolatho Brahma Roopaya, Madhyato Vishnu Roopini, Agratas Shiv Roopaya, Vriksha Rajayte Namaha.
Brahma shaped at the root, Vishnu shaped in the middle and Shiva shaped at the top, we salute You, the king of all trees.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website

Senin, 25 Februari 2013

Bila

Bila tumbuh liar pada kawasan hutan kering di Pakistan, India, Bangla Desh, dan Sri Lanka. Di India dan Sri Lanka bila ditanam di kawasan sekitar candi. Bila selanjutnya menyebar ke Indo Cina dan kawasan Malesia, termasuk Indonesia. Di Indonesia bila tumbuh liar di kawasan hutan kering, terutama di kawasan savana. Bila mempunyai nama ilmiah Aegle marmelos (L.) Correa (periksa nama ilmiah, sinonim, dan klasifikasi di GBIF Data Portal, ITIS, dan The Plant List), sedangkan nama umum lainnya adalah maja, maja batu (Indonesia), bilak, bila, bel (Malaysia), bila (Bali), bael, bell fruit (Inggris).

Berperawakan pohon kecil sampai sedang, luruh daun, tinggi 10-15 m, diameter pangkal batang 25-50 cm, cabang tua berduri tunggal atau berpasangan, panjang duri 1-2 cm. Daun berseling, beranak daun tiga, panjang tangkai daun 2-4 cm, panjang tangkai anak daun samping 3 mm, panjang tangkai anak daun tengah 15 mm, anak daun tengah berbentuk bundar telur sampai jorong, berukuran 7,5 cm x 4,8 cm, berbintik kelenjar kecil rapat. Perbungaan tandan di ketiak daun, panjang tandan 4-5 cm; kuntum bunga tersusun menggerombol, kelopak bersegitiga melebar, panjang 1,5 mm; daun mahkota berbentuk lonjong sampai bundar telur sungsang, berukuran 14 mm x 8 mm, berwarna kehijauan sampai putih; benang sari berjumlah 35-45 utas, berwarna putih, panjang tangkai sari 4-7 mm; bakal buah berukuran 8 mm x 4 mm, bertangkai pendek. Buah bertipe buah buni, berbentuk agak bulat, berdiameter 5-12,5 cm, seringkali bertempurung mengayu keras, bersegmen 8-16(-20), berbiji 6-10 butir, biji berada dalam daging buah yang jernih dan lengket. Biji terbungkus rambut-rambut seperti wol, berada dalam kantung berlendir lengket, kulit biji berwarna putih

Buah matang dapat dikonsumsi segar atau diolah menjadi sirop, serbat, marmalade, atau nectar buah. Lendir yang menyelaputi biji dapat digunakan sebagai lem. Irisan buah tua setelah dikeringkan digunakan sebagai bahan ramuan obat, kulit buah mentah dapat digunakan sebagai bahan membuat pewarna kuning. Daun muda dapat digunakan sebagai lalapan, dicampur dengan daun sirih dan kapur sebagai obat gatal.

Sosok pohon berdaun
Sumber: toptropicals.com
Sosok pohon berbuah gugur daun
Sumber: onslowandmissb.blogspot.com
Ranting dan daun
Sumber: dravyagunatvpm.wordpress.com
Helaian daun
Sumber: www.agefotostock.com
Kuncup bunga dan bunga mekar
Sumber: www.flickriver.com
Bunga mekar
Sumber: www.flickr.com
Buah
Sumber: eol.org
Buah dan buah dibelah
Sumber: siddhainstitute.com

3 komentar:

  1. terima kasih gan atas artikelnya menambah wawasan tentang tumbuhan yang tidak pernah di jumpai
    salam tips bermain poker

    BalasHapus
  2. makasih bos infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  3. ada info bisa di peroleh dimana buah ini

    BalasHapus