Selamat Datang

Melalui blog Tumbuhan Bali ini saya menayangkan berbagai jenis tumbuhan yang mempunyai arti penting dalam kehidupan orang Bali, terutama jenis-jenis tumbuhan yang digunakan dalam upacara agama dan pemanfaatan lain dalam kaitan dengan tradisi masyarakat Bali. Tayangan akan saya fokuskan pada pengenalan ciri-ciri morfologis yang dilengkapi dengan foto untuk memudahkan melakukan pengenalan, terutama bagi Anda yang hanya pernah mendengar nama tetapi belum pernah melihat sendiri bagaimana 'rupa' sesungguhnya dari tumbuhan tersebut. Karena latar belakang saya adalah pertanian maka saya mengalami keterbatasan uraian mengenai pemanfaatan dalam berbagai aspek kehidupan orang Bali, terutama dalam pemanfaatan untuk upacara keagamaan. Untuk melengkapinya, saya akan dengan terbuka menerima masukan dari Anda, terutama dari Anda yang merasa terpanggil untuk berbuat sesuatu untuk Bali.

Moolatho Brahma Roopaya, Madhyato Vishnu Roopini, Agratas Shiv Roopaya, Vriksha Rajayte Namaha.
Brahma shaped at the root, Vishnu shaped in the middle and Shiva shaped at the top, we salute You, the king of all trees.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website

Senin, 25 Februari 2013

Nyambu Semarang

Nyambu semarang merupakan tumbuhan asli dari Asia Tenggara, khususnya kawasan Malesia, tetapi kini dibudidayakan secara meluas di kawasan tropik. Di Indonesia, nyambu semarang terutama dibudidayakan terbatas sebagai tanaman pekarangan, termasuk juga di Bali. Nama ilmiah nyambu semarang adalah Syzygium samarangense (Blume) Merr. & L.M. Perry (periksa nama ilmiah di GBIF Data Portal, ITIS, dan The Plant List), sedangkan nama umumnya adalah jambu semarang (Indonesia), jambu klampok (Jawa), jambu air mawar (Malaysia), wax apple, love apple, java apple, royal apple, bell fruit (or bellfruit), jamaican apple, water apple, mountain apple, cloud apple, wax jambu, dan rose apple (Inggris).

Berperawakan pohon, tinggi 5-15 m, batang pendek dan bengkok-bengkok, diameter 25-50 cm, sering bercabang dekat pangkal batang, tajuk melebar tidak beraturan. Daun tunggal berhadapan, berbentuk jorong sampai lonjong-jorong, berukuran (10-25) cm x (5-12) cm, menjangat bertepi tipis, berbintik tembus cahaya, beraroma agak keras bila diremas, tangkai daun menebal, panjang 3-5 mm. Perbungaan terminal dan di ketiak daun yang telah gugur, menggerombol terdiri atas 3-30 kuntum, kuntum bunga berdiameter 3-4 cm, tabung kelopak mempunyai panjang kira-kira 1,5 cm, menggelendut pada bagian ujung, bercuping dengan panjang 3-5 mm; daun mahkota 4 helai, berbentuk bundar sampai sudip, panjang 10-15 mm, berwarna kuning-putih; benang sari banyak, panjang 3 cm, tangkai putik mencapai panjang 3 cm. Buah bertipe buah buni, berbentuk buah pir melebar, bermahkotakan kelopak berdaging dengan cuping melekuk ke dalam, berukuran (3,5-5,5) cm x (4,5-5,5) cm, berwarna bervariasi dari merah tua sampai putih; daging buah menyerupai spon berwarna putih, mengandung banyak sari buah, aromatik, berasa manis. Biji berjumlah 0-2 butir, berbentuk bulat, berdiameter 8 mm. Jambu semarang terdiri atas banyak kultivar, yang berbuah warna merah gelap disebut 'Black Pearl' atau 'Black Diamond', yang berbuah warna putih disebut 'Pearl'.

Buah pada umumnya dimakan segar setelah matang tanpa harus dikupas, tetapi juga dapat dijadikan bahan membuat rujak, asinan, dan salad buah.

Sosok pohon
Sumber: ntbg.org
Percabangan dan perbungaan
Sumber: www.flickr.com
Ranting dan daun
Sumber: Ben's Plants
Cabang, daun, dan bunga
Sumber: de.wikipedia.org
Buah warna merah
Sumber: www.tropicalbonsainursery.net
Buah merah semu hijau pucat
Sumber: www.msaqua.com
Buah semu kuning gading
Sumber: www.flickr.com
Buah putih
Sumber: www.amazon.com

2 komentar:

  1. makasih bos infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  2. terimakasih gan tentang infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus