Selamat Datang

Melalui blog Tumbuhan Bali ini saya menayangkan berbagai jenis tumbuhan yang mempunyai arti penting dalam kehidupan orang Bali, terutama jenis-jenis tumbuhan yang digunakan dalam upacara agama dan pemanfaatan lain dalam kaitan dengan tradisi masyarakat Bali. Tayangan akan saya fokuskan pada pengenalan ciri-ciri morfologis yang dilengkapi dengan foto untuk memudahkan melakukan pengenalan, terutama bagi Anda yang hanya pernah mendengar nama tetapi belum pernah melihat sendiri bagaimana 'rupa' sesungguhnya dari tumbuhan tersebut. Karena latar belakang saya adalah pertanian maka saya mengalami keterbatasan uraian mengenai pemanfaatan dalam berbagai aspek kehidupan orang Bali, terutama dalam pemanfaatan untuk upacara keagamaan. Untuk melengkapinya, saya akan dengan terbuka menerima masukan dari Anda, terutama dari Anda yang merasa terpanggil untuk berbuat sesuatu untuk Bali.

Moolatho Brahma Roopaya, Madhyato Vishnu Roopini, Agratas Shiv Roopaya, Vriksha Rajayte Namaha.
Brahma shaped at the root, Vishnu shaped in the middle and Shiva shaped at the top, we salute You, the king of all trees.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website

Kamis, 27 September 2012

Ubi (Uwi Kelapa)

Sumber: Dave's Garden
Ubi digunakan dalam berbagai macam sesajen (banten) di Bali. Nama ilmiah ubi adalah Dioscorea alata L. (periksa nama ilmiah dan klasifikasi). Ubi berasal dan  tersebar luas di kawasan Asia tropika dan pertama kali dibudidayakan di Indonesia. Kini ubi telah dibudidayakan di berbagai kawasan tropik dan oleh karenanya dikenal dengan berbagai nama umum, di antarannya greater yam, Guyana arrowroot, ten-months yam,0water yam, white yam, winged yam, water yam, atau simply yam. Di Bali, ubi dibudidayakan terutama sebagai tanaman pekarangan.

Uwi kelapa mempunyai umbi dengan bentuk tidak beraturan dan dengan banyak akar kasar di bagian pangkal batang. Daging umbi berwarna putih, krem, atau ungu cerah. Batang muda bersegi empat dan bersayap. Daunnya berbentuk jantung, bertulang 5-7 termasuk tulang daun utama. Tangkai daun bersemu kemerahan di bagian pangkal dan dasar daun. Uwi ini menghasilkan umbi udara yang berukuran kecil. Dalam bahasa Inggris disebut water yam, winged yam, atau purple yam.

Uwi kelapa merupakan tanaman melilit yang tumbuh pada musim hujan dan kemudian mengering pada musim kemarau. Batang dapat mencai panjang lebih dari 10 m, bercabang banyak, dengan pucuk muda dan pangkal tangkai daun berwarna ungu bersemu merah. Daun berbetuk jantung, duduk berhadapan, bertangkai panjang, panjang sampai 20 cm. Bunga bjantan berbentuk malai dengan panjang sampai 30 cm, terbentuk pada ketiak daun, terdiri atas banyak bunga tunggal berukuran kecil, bunga betika berbentuk spike dan ukuran yang lebih kecil, bunga jantan dan betina terbentuk pada tanaman yang berbeda. Buah berupa buah kapsul beruang tiga yang di dalamnya terdapat biji bersayap. Uwi kelapa menyerupai uwi umbi udara (D. bulbifera), tetapi uwi umbi udara mempunyai umbi dalam tanah yang berukuran lebih kecil, daun yang duduk berselang-seling, dan menghasilkan lebih banyak umbi udara.

Tanaman uwi kelapa tumbuh selama 8-10 bulan, dimulai pada awal musim hujan, dan selanjutnya mengering. Pada musim hujan berikutnya, tanaman muda akan tumbuh kembali dan kemudian kembali mengering pada musim kemarau. Ukuran ukbi pada saat panen bergantung pada berapa kali tanaman uwi kelapa dibiarkan tumbuh, mengering, tumbuh dan mengering kembali. Karakteristik pertumbuhan demikian ini memungkinkan  uwi kelapa dapat berperan sebagai lumbung hidup.

Sosok tanaman dan bunga ubi
Sumber: Wikipedia
Bunga ubi
Sumber: Flora Italiana
Pucuk muda melilit
Sumber: Plant of Hawaii
Batang melilit
Sumber: Eat the Weeds
Umbi udara ubi
Sumber: Eat the Weeds
Umbi ubi
Sumber: flickr
Warna daging umbi ub
Sumber: Fuseink
Kue dengan bahan dari umbi ubi
Sumber: Wikipedia
Umbi uwi kelapa dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Cara paling sederhana adalah dikukus setelah umbi dikupas dan dipotong-potong. Umbi juga dapat digoreng atau dihancurkan dan dicampur dengan tepung untuk membuat kue.

Tautan Luar
Ethnobotany of Dioscorea L. (Dioscoreaceae), a major food plant of the Sakai tribe at Banthad Range, Peninsular Thailand
Root and Tuber Crops in Vietnam: Focus on yam germplasm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar